MENGGAMBAR OBJEK/BENTUK



MENGGAMBAR BENTUK
( OBJEK )







A.      PENGERTIAN MENGGAMBAR OBJEK/BENTUK
Menggambar bentuk merupakan kegiatan menggambar objek benda secara objektif sesuai keadaan yang sebenarnya. Artinya, dalam menggambar objek benda digambar sesuai dengan keadaan yang sebenarnya baik bentuk, tekstur, warna dan gelap terangnya.
Dengan demikian, Menggambar bentuk adalah gagasan bentuk yang diwujudkan melalui kemahiran tangan dengan media titik, garis, bidang, bentuk, warna, tekstur, dan gelap terang yang dibuat dengan memperhatikan ketepatan bentuk, perspektif, proporsi, serta komposisi sehingga menghasilkan karya yang indah.
Pada prinsipnya istilah gambar bentuk hanya ditujukan pada kegiatan menggambar obyek-obyek benda mati yang sering dikenal dengan istilah “Still life”, sedangkan pada kegiatan menggambar bentuk objek manusia dikenal dengan istilah “menggambar model”. kegiatan menggambar bentuk tidak sama dengan menggambar ilustrasi atau menggambar ekspresi, karena :
  • Menggambar bentuk harus dilakukan dengan melihat objek secara langsung, tidak dibenarkan apabila gambar dari hasil imajinasi.
  • Menggambar bentuk membutukan pengamatan,ketelitian, dan pemahaman detail-detail unsur seni rupa sehingga hasil gambar terlihat seperti bentuk aslinya.                                                                               
Dalam menggambar bentuk harus mencermati bagian-bagian yang terkena sinar matahari (gelap-terangnya) sehingga bayangan, gelap terang benda dapat digambar sesuai wujud nyatanya.

B.      RAGAM OBJEK GAMBAR BENTUK
Objek gambar bentuk adalah berbagai jenis benda baik benda alam maupun benda buatan manusia. Berbagai macam bentuk benda tersebut dapat dibedakan dalam bentuk benda Geometris (bentuk benda beraturan dan dapat diukur) dan Nongeometris (bentuk benda tak beraturan/ bebas). Sedangkan menurut bentuk sudut dan bentuk bidang suatu benda dapat dibedakan menjadi tiga bentuk. Yaitu, bentuk kubistis, silindris dan bentuk bebas.

1. Bentuk Kubistis

Bentuk kubistis adalah benda yang memiliki bentuk dasar kubus dan balok. Contohnya. meja, kursi, TV, kulkas, radio, dll.

2. Bentuk Silindris

Bentuk silindris adalah benda yang memiliki bentuk dasar silinder atau tabung. Contohnya. botol, gelas, termos, kaleng, dll.
                                                                                                                                   
3. Bentuk Piramid dan kerucut

Bentuk  piramid  adalah bentuk benda yang menyerupai  limas dan berbentuk dasar segitiga. Contohnya. kubah, terompet, topi hias, dll.

4. Bentuk Bola atau Bulat

Bentuk bola atau bulat adalah bentuk benda yang menyerupai bola dan memiliki bentuk dasar lingkaran dan bagian dalamnya berisi (pejal). Contohnya. bola, semangka, globe, dll.
5.  Bentuk Bebas 


Bentuk bebas adalah benda yang memiliki bentuk dasar tidak beraturan atau bebas. Contohnya. buah, bunga, daun, batu, dll.

Kumpulan bentu-bentuk dasar




C.         PRINSIP MENGGAMAR OBJEK/BENTUK

Untuk dapat menggambar bentuk dengan baik dan benar, diperlukan    pengetahuan dan penguasaan terhadap prinsip-prinsip dan langkah kerjannya. Ada beberapa prinsip yang perlu diperhatikan antara lain :

 1. Model
Adalah objek yang dijadikan acuan untuk menggambar. Menggunakan model berarti menggambar bentuk terfokus pada objek yang digambar, bukan sekedar ingatan. Model gambar dapat dibuat secara langsung atau tidak langsung.

·      Menggambar langsung yaitu dengan menatap model yang  ada  didepan mata
·     Menggambar tidak lansung yaitu menggambar model dari foto, yang berasal dari majalah, buku ataupun media lainnya.

 2. Proporsi
Adalah suatu benda tersusun dari satu kesatuan berdasarkan ukuran antara bagian yang satu dengan bagian yang lainnya. Kesbandingan, keseimbangan atau kesesuain bentuk dan ukuran suatu benda antara bagian yang satu dengan bagian yang lainnya.
Dengan mengunakan proporsi  yang tepat maka gambar benda yang dihasilkan akan tampak wajar. Jika gambar yang dibuat tidak sesuai dengan proporsi maka akan terkesan janggal.

 3. Komposisi
Adalah tata susunan yang menyangkut keseimbangan, kesatuan, irama dan keselarasan dalam suatu karya seni rupa. Gambar bentuk yang baik harus memperhatikan komposisi sehingga gambar yang dibuat dapat menghasilkan kesan yang seimbang, menyatu, berirama dan selaras.
  • Keseimbangan (balance)
Adalah penggambaran objek benda yang memberikan adanya kesan keseimbangan antara bagian-bagiannya, artinya tidak terkesan berat disalah satu sisi dan ringan disisi lainnya.
  • Kesatuan (unity)
Adalah suatu penggambaran objek yang memberikan kesan adanya kesatuan unsur-unsur yang terpadu. Kesatuan artinya keterpaduan dari bagian-bagian gambar tidak terkesan terbelah atau terpisah.
  • Irama (rhythm)
Adalah suatu penggambaran objek yang memberikan kesan pegerakan sengan alur yang teratur. Gambar yang terkesan rytmisnya akan terasa enak dilihat.
  • Keselarasan (harmoni )
Adalah  suatu  penggambaran  objek  yang memberikan kesan kesesuaian an
ata bagian  yang  satu dengan bagian  yang lainnya  dalam suatu benda, atau benda yang satu dengan benda yang lainnnya yang dipadukan.                                                                                                                                                   
4. Perspektif
Benda yang letaknya lebih dekat dengan pandangan mata, tampak lebih besar ukurannya bila dibandingkan dengan benda-benda yang letaknya jauh dari pandangan mata. Semakin jauh benda tersebut maka akan hilang dari pandangan mata (menuju suatu titik).

 5. Gelap-terang
Sinar yang jatuh pada suatu benda (baik sinar yang jatuh  secara langsung atau tidak  langsung)  akan  menimbulkan  efek  terang  di  satu  sisi  dan  bayangan (gelap) di sisi yang lain.

Menggambar bentuk artinya menggambar dengan meniru bentuk objek alam atau objek benda yang sebenarnya. Atau dengan Kata lain, pengertian gambar bentuk adalah gambar yang dihasilkan sesuai dengan kondisi aslinya.
Dalam bidang seni rupa, bentuk terbagi atas dua macam, yaitu:
1.  Bentuk Figuratif artinya bentuk nyata sesuai dengan aslinya
2.  Bentuk Nonfiguratif artinya bentuk yang tidak nyata.

Selain itu, dapat juga digolongkan dalam:
a. Bentuk Abstrak, yaitu bentuk yang tidak nyata atau tidak meniru benda yang terdapat di alam. 
b. Bentuk Geometris, yaitu bentuk yang beraturan. 
c. Bentuk Non-geometris, yaitu bentuk yang tidak beraturan. 
d. Bentuk Stilasi, yaitu bentuk yang dihasilkan dari hasil modifikasi bentuk hewan maupun tumbuhan. Contohnya pada batik.
e. Bentuk Visual Realistis atau Naturalis, yaitu bentuk yang terdapat di alam dan dibuat sesuai dengan kondisi aslinya.

Dalam menggambar bentuk, ada beberapa ketentuan pokok yang harus diperhatikan, yaitu:

1. Ketetapan bentuk
   
Menggambar bentuk sesuai dengan bentuk objek yang digambar.

2. Ukuran perbandingan atau proporsi
   
Perbandingan antara benda yang satu dengan yang lain.

3. Pembagian bidang
   
Cara menempatkan benda yang digambar ke dalam bidang gambar.

4. Komposisi
    Pengaturan posisi atau tata letak benda yang akan digambar.

5. Prespektif
     Adalah sebuah gambar yang dibuat sesuai dengan pandangan mata manusia.

6. Gelap terang
  
Menimbulkan efek/kesan 3 dimensi


D.         TEKNIK MENGGAMBAR BENTUK

1. Teknik gambar Linear
Teknik linear merupakan cara menggambar objek gambar dengan garis sebagai unsur yang paling menentukan, baik garis lurus maupun garis lengkung.     

                                 
2.    Teknik gambar Blok
Teknik blok merupakan cara menggambar dengan menutup objek gambar menggunakan satu warna, sehingga hanya tampak bentuk globalnya (siluet)
.
3.    Teknik gambar Arsir
Teknik arsir merupakan cara menggambar dengan garis-garis sejajar atau menyilang untuk menentukan gelap terang objek gambar sehingga tampak seperti tiga dimensi.                                

Ada beberapa teknik arsir, antara lain :
  • ARSIRAN SATU ARAH (HATCHING)


Pada teknik ini pena digoreskan dalam arah yang sama. Sehingga terlihat barisan garis sejajar dan searah. Semakin sering kita menggores maka akan timbul efek lebih gelap karena semakin padat dan menumpuknya garis akan menambah massa garis menjadi lebih tebal sehingga terbentuk efek ilusi volume terang bayang.

  • ARSIRAN SILANG (CROSS HATCHING)

Teknik ini mirip dengan arsiran satu arah, namun terjadi persilangan arah dari goresan pena tersebut. Pada bagian yang ingin diarsir lebih gelap dapat juga goresan ditumpuk dengan menggunakan arah garis yang berbeda. 
  • ARSIRAN SEARAH KONTUR (CONTOUR HATHCING)


Pada teknik ini goresan arsir pada pena mengikuti bentuk kontur bidang yang ingin diarsir, maka akan terlihat volume pada benda tersebut. 

  • ARSIRAN CORETAN BEBAS (SCUMBLING)


Pada teknik ini arsiran berbentuk corat-coret bebas. Biasanya goresan tidak berupa garis namun seperti coretan bebas. Coretan bebas ini akan lebih menarik bila arah goresan dapat dirubah secara acak membentuk ilusi volume yang diinginkan.
4.       Teknik gambar Dusel
Teknik dusel merupakan cara menggambar yang penentuan gelap terang objek gambar menggunakan pensil gambar yang digoreskan dalam posisi miring (rebah).

5.          Teknik gambar Pointilis
Teknik pointilis merupakan cara menggambar yang dalam menentukan gelap terang objek gambar menggunakan pensil atau pena gambar dengan dititik-titikkan.


6.       Teknik gambar Aquarel
Teknik aquarel merupakan cara menggambar dengan menggunakan cat air dengan sapuan warna yang tipis, sehingga hasilnya tampak transparan atau tembus pandang.


7.       Teknik gambar Plakat
Teknik plakat merupakan cara menggambar dengan menggunakan bahan cat poster atau cat air dengan sapuan warna yang tebal sehingga hasilnya tampak pekat dan menutup.



 E. BAHAN DAN ALAT MENGGAMBAR BENTUK

Adapun bahan dan alat-alat menggambar yang diperlukan dalam menggambar bentuk adalah sebagai berikut :
a.      Bahan yang digunakan :
·   Bidang gambar dapat menggunakan kertas gambar, karton, papan tulis atau benda-benda lainnya yang mempunyai bidang datar.
·      Pewarna yang biasa digunakan antara lain pastell, crayon, cat air, cat minyak,  pensil konte dan sebagainya
b.     Alat yang digunakan :  
·  Pada dasarnya semua jenis alat gambar dapat kalian gunakan untuk menggambar bentuk diantaranya, pensil, kuas, pena gambar, palet dan tempat air.



Demikian sedikit penjelasan tentang menggambar bentuk/objek semoga bermanfaat.

Komentar

  1. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    -bandar 66
    -perang baccarat (new game )
    Dapatkan Berbagai Bonus Menarik..!!
    PROMO MENARIK
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) |
    Whatshapp : +855969190856

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGGAMBAR PERSPEKTIF

MEDIA DAN TEKNIK SENI RUPA 2D