MENGGAMBAR OBJEK/BENTUK
A. PENGERTIAN MENGGAMBAR OBJEK/BENTUK
Menggambar bentuk merupakan kegiatan
menggambar objek benda secara objektif sesuai keadaan yang sebenarnya. Artinya,
dalam menggambar objek benda digambar sesuai dengan keadaan yang sebenarnya
baik bentuk, tekstur, warna dan gelap terangnya.
Dengan
demikian, Menggambar bentuk adalah gagasan bentuk
yang diwujudkan melalui kemahiran tangan dengan media titik, garis, bidang,
bentuk, warna, tekstur, dan gelap terang yang dibuat dengan memperhatikan
ketepatan bentuk, perspektif, proporsi, serta komposisi sehingga menghasilkan
karya yang indah.
Pada
prinsipnya istilah gambar bentuk hanya ditujukan pada kegiatan menggambar
obyek-obyek benda mati yang sering dikenal dengan istilah “Still life”,
sedangkan pada kegiatan menggambar bentuk objek manusia dikenal dengan istilah “menggambar
model”. kegiatan menggambar bentuk tidak sama dengan menggambar ilustrasi
atau menggambar ekspresi, karena :
- Menggambar bentuk harus dilakukan dengan melihat objek secara
langsung, tidak dibenarkan apabila gambar dari hasil imajinasi.
- Menggambar bentuk membutukan pengamatan,ketelitian, dan pemahaman detail-detail unsur seni rupa sehingga hasil gambar terlihat
seperti bentuk aslinya.
Dalam menggambar bentuk harus
mencermati bagian-bagian yang terkena sinar matahari (gelap-terangnya) sehingga
bayangan, gelap terang benda dapat digambar sesuai wujud nyatanya.
B. RAGAM
OBJEK GAMBAR BENTUK
Objek
gambar bentuk adalah berbagai jenis benda baik benda alam maupun benda buatan
manusia. Berbagai macam bentuk benda tersebut dapat dibedakan dalam bentuk
benda Geometris (bentuk benda beraturan dan dapat diukur) dan Nongeometris (bentuk
benda tak beraturan/ bebas). Sedangkan menurut bentuk sudut dan bentuk bidang
suatu benda dapat dibedakan menjadi tiga bentuk. Yaitu, bentuk kubistis,
silindris dan bentuk bebas.
1. Bentuk Kubistis
Bentuk
kubistis adalah benda yang memiliki bentuk dasar kubus dan balok. Contohnya.
meja, kursi, TV, kulkas, radio, dll.
2. Bentuk Silindris
Bentuk
silindris adalah benda yang memiliki bentuk dasar silinder atau tabung.
Contohnya. botol, gelas, termos, kaleng, dll.
3. Bentuk Piramid dan kerucut
Bentuk piramid adalah bentuk benda yang menyerupai limas dan berbentuk dasar segitiga.
Contohnya. kubah, terompet, topi hias, dll.
4. Bentuk Bola atau Bulat
Bentuk bola atau bulat adalah bentuk benda yang menyerupai bola dan memiliki
bentuk dasar lingkaran dan bagian dalamnya berisi (pejal). Contohnya. bola,
semangka, globe, dll.
5. Bentuk Bebas
Bentuk
bebas adalah benda yang memiliki bentuk dasar tidak beraturan atau bebas.
Contohnya. buah, bunga, daun, batu, dll.
Kumpulan bentu-bentuk dasar |
C.
PRINSIP MENGGAMAR OBJEK/BENTUK
Untuk dapat menggambar bentuk dengan baik dan benar, diperlukan pengetahuan dan penguasaan terhadap prinsip-prinsip dan langkah kerjannya. Ada beberapa prinsip yang perlu diperhatikan antara lain :
Adalah objek yang dijadikan acuan untuk
menggambar. Menggunakan model berarti menggambar bentuk terfokus pada objek
yang digambar, bukan sekedar ingatan. Model gambar dapat dibuat secara langsung
atau tidak langsung.
· Menggambar
langsung yaitu dengan menatap model yang ada didepan mata
· Menggambar tidak
lansung yaitu menggambar model dari foto, yang berasal dari majalah, buku
ataupun media lainnya.
Adalah suatu benda tersusun dari satu kesatuan
berdasarkan ukuran antara bagian yang satu dengan bagian yang lainnya.
Kesbandingan, keseimbangan atau kesesuain bentuk dan ukuran suatu benda antara
bagian yang satu dengan bagian yang lainnya.
Dengan mengunakan proporsi yang tepat maka gambar benda yang dihasilkan
akan tampak wajar. Jika gambar yang dibuat tidak sesuai dengan proporsi maka
akan terkesan janggal.
Adalah tata susunan yang menyangkut
keseimbangan, kesatuan, irama dan keselarasan dalam suatu karya seni rupa.
Gambar bentuk yang baik harus memperhatikan komposisi sehingga gambar yang
dibuat dapat menghasilkan kesan yang seimbang, menyatu, berirama dan selaras.
- Keseimbangan (balance)
Adalah
penggambaran objek benda yang memberikan adanya kesan keseimbangan antara bagian-bagiannya,
artinya tidak terkesan berat disalah satu sisi dan ringan disisi lainnya.
- Kesatuan (unity)
Adalah
suatu penggambaran objek yang memberikan kesan adanya kesatuan unsur-unsur yang
terpadu. Kesatuan artinya keterpaduan dari bagian-bagian gambar tidak terkesan
terbelah atau terpisah.
- Irama (rhythm)
Adalah
suatu penggambaran objek yang memberikan kesan pegerakan sengan alur yang
teratur. Gambar yang terkesan rytmisnya akan terasa enak dilihat.
- Keselarasan (harmoni )
Adalah suatu
penggambaran objek yang memberikan kesan kesesuaian an
ata
bagian yang satu dengan bagian yang lainnya
dalam suatu benda, atau benda yang satu dengan benda yang lainnnya yang
dipadukan.
4. Perspektif
Benda yang letaknya lebih dekat dengan
pandangan mata, tampak lebih besar ukurannya bila dibandingkan dengan
benda-benda yang letaknya jauh dari pandangan mata. Semakin jauh benda tersebut
maka akan hilang dari pandangan mata (menuju suatu titik).
Sinar yang jatuh pada suatu benda (baik sinar
yang jatuh secara langsung atau tidak langsung) akan menimbulkan efek terang di satu sisi dan bayangan (gelap) di sisi yang lain.
Menggambar bentuk
artinya menggambar dengan meniru bentuk objek alam atau objek benda yang
sebenarnya. Atau dengan Kata lain, pengertian gambar bentuk adalah gambar yang
dihasilkan sesuai dengan kondisi aslinya.
Dalam bidang seni
rupa, bentuk terbagi atas dua macam, yaitu:
2. Bentuk
Nonfiguratif artinya bentuk yang tidak nyata.
Selain itu, dapat
juga digolongkan dalam:
a. Bentuk Abstrak, yaitu bentuk yang tidak nyata
atau tidak meniru benda yang terdapat di alam.
b. Bentuk
Geometris, yaitu bentuk yang beraturan.
c. Bentuk
Non-geometris, yaitu bentuk yang tidak beraturan.
d. Bentuk
Stilasi, yaitu bentuk yang dihasilkan dari hasil modifikasi bentuk hewan
maupun tumbuhan. Contohnya pada batik.
e. Bentuk
Visual Realistis atau Naturalis, yaitu bentuk yang terdapat di alam dan
dibuat sesuai dengan kondisi aslinya.
Dalam menggambar bentuk, ada beberapa ketentuan pokok yang harus diperhatikan, yaitu:
1. Ketetapan bentuk
Menggambar bentuk sesuai dengan bentuk objek yang digambar.
2. Ukuran perbandingan atau proporsi
Perbandingan antara benda yang satu dengan yang lain.
1. Ketetapan bentuk
Menggambar bentuk sesuai dengan bentuk objek yang digambar.
2. Ukuran perbandingan atau proporsi
Perbandingan antara benda yang satu dengan yang lain.
3. Pembagian bidang
Cara menempatkan benda yang digambar ke dalam bidang gambar.
4. Komposisi
Pengaturan posisi atau tata letak benda yang akan digambar.
5. Prespektif
Adalah sebuah gambar yang dibuat sesuai dengan pandangan mata manusia.
6. Gelap terang
Menimbulkan efek/kesan 3 dimensi
Pengaturan posisi atau tata letak benda yang akan digambar.
5. Prespektif
Adalah sebuah gambar yang dibuat sesuai dengan pandangan mata manusia.
6. Gelap terang
Menimbulkan efek/kesan 3 dimensi
Teknik
linear merupakan cara menggambar objek gambar dengan garis sebagai unsur yang
paling menentukan, baik garis lurus maupun garis lengkung.
|
2. Teknik gambar
Blok
Teknik blok
merupakan cara menggambar dengan menutup objek gambar menggunakan satu warna,
sehingga hanya tampak bentuk globalnya (siluet)
|
3. Teknik gambar
Arsir
Teknik arsir
merupakan cara menggambar dengan garis-garis sejajar atau menyilang untuk
menentukan gelap terang objek gambar sehingga tampak seperti tiga dimensi.
Ada beberapa teknik arsir, antara lain :
- ARSIRAN SATU ARAH (HATCHING)
Pada teknik ini pena digoreskan dalam arah yang sama. Sehingga terlihat barisan garis sejajar dan searah. Semakin sering kita menggores maka akan timbul efek lebih gelap karena semakin padat dan menumpuknya garis akan menambah massa garis menjadi lebih tebal sehingga terbentuk efek ilusi volume terang bayang.
- ARSIRAN SILANG (CROSS HATCHING)
Teknik ini mirip dengan arsiran
satu arah, namun terjadi
persilangan
arah dari goresan
pena tersebut.
Pada bagian yang
ingin diarsir
lebih gelap dapat juga goresan
ditumpuk
dengan menggunakan
arah garis yang
berbeda.
- ARSIRAN SEARAH KONTUR (CONTOUR HATHCING)
- ARSIRAN CORETAN BEBAS (SCUMBLING)
4. Teknik gambar
Dusel
Teknik dusel
merupakan cara menggambar yang penentuan gelap terang objek gambar menggunakan
pensil gambar yang digoreskan dalam posisi miring (rebah).
5.
Teknik gambar Pointilis
Teknik pointilis merupakan cara menggambar
yang dalam menentukan gelap terang objek gambar menggunakan pensil atau pena
gambar dengan dititik-titikkan.
6. Teknik gambar
Aquarel
Teknik aquarel
merupakan cara menggambar dengan menggunakan cat air dengan sapuan warna yang
tipis, sehingga hasilnya tampak transparan atau tembus pandang.
7. Teknik gambar
Plakat
Teknik plakat merupakan cara menggambar dengan
menggunakan bahan cat poster atau cat air dengan sapuan warna yang tebal
sehingga hasilnya tampak pekat dan menutup.
Adapun bahan dan alat-alat
menggambar yang diperlukan dalam menggambar bentuk adalah sebagai berikut :
a.
Bahan yang digunakan :
· Bidang gambar dapat menggunakan
kertas gambar, karton, papan tulis atau benda-benda lainnya yang mempunyai
bidang datar.
· Pewarna yang biasa digunakan antara
lain pastell, crayon, cat air, cat minyak, pensil konte dan sebagainya
b. Alat
yang digunakan :
· Pada dasarnya semua jenis alat
gambar dapat kalian gunakan untuk menggambar bentuk diantaranya, pensil, kuas,
pena gambar, palet dan tempat air.
Demikian sedikit penjelasan tentang menggambar bentuk/objek semoga bermanfaat.
AJO_QQ poker
BalasHapuskami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
di sini kami menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
- play aduQ
- bandar poker
- play bandarQ
- capsa sunsun
- play domino
- play poker
- sakong
-bandar 66
-perang baccarat (new game )
Dapatkan Berbagai Bonus Menarik..!!
PROMO MENARIK
di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
Permanent (acak) |
Whatshapp : +855969190856
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusayo ke idlix.com
BalasHapus